Fakta-Fakta Real-Estate Di Bulgaria dan Beberapa Tips Sebelum Membelinya

Akhir-akhir ini sepertinya properti di Bulgaria menjadi sebuah perbincangan hangat bagi para investor karena menjadi yang termurah di Eropa dan berlokasi di dekat laut. Jadi, beberapa fakta singkat dan jelas tentang apa yang perlu kamu ketahui sebelum memberanikan diri untuk membeli property di Bulgaria.

Termurah di Eropa

Sebuah properti dengan pemandangan lautan di Bulgaria memiliki harga hanya sekitar € 40.000, sedangkan properti yang berjarak setengah jam berjalan kaki menuju pantai memiliki harga sekitar € 20.000.

Tak Perlu Menunggu

Sebelum krisis menyerang negara ini di tahun 2008, banyak kompleks perumahan di dekat laut yang dibangun dengan sangat cepat dan seringkali secara ilegal, hanya untuk memenuhi permintaan, sehingga ketika ekonomi runtuh, permintaan juga ikut menurun dan membuat harga properti di Bulgaria jatuh. Banyak pondasi yang belum dibangun dan belum terjual masih berdiri di sepanjang pantai. Akibatnya, perumahan di pasar sekunder Bulgaria menjadi lebih murah dari bulan ke bulan hingga akhir 2013. Untungnya sekarang harga telah stabil dengan sedikit kecenderungan untuk naik dengan harga sekitar € 444 per meter persegi. Di wilayah Varna, harganya mencapai € 705 dan di Burgas € 586.

Bangkit Kembali

Harga yang stabil membuat para pembeli menyerbu pasar property Bulgaria. Direktur Eksekutif Properti Bulgaria Polina Stoykova mengatakan: “Harapan optimis kami untuk tahun 2014 sepenuhnya tercapai, terutama di paruh kedua tahun ini, ketika kami melihat aktivasi pembeli di Sofia. Penjualan rumah di ibu kota telah meningkat sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu, dan kami yakin bahwa paruh kedua tahun 2014 akan menjadi periode paling sukses untuk pasar real estat perumahan di Bulgaria sejak krisis dimulai.”

Musim Dingin dan Musim Gugur Adalah Waktu Terbaik

Perlu kita ingat bahwa Bulgaria tidak hanya memiliki musim panas, tapi juga musim dingin. Saat tak ada aktivitas di Laut Hitam karena udara dingin dan angin yang menusuk, sebaliknya para pemilik properti di Bansko bisa bersantai dan menikmati hidup mereka. TripAdvisor mengatakan Bansko sebagai resor ski termurah di Eropa. Biaya akomodasi, makanan, pelajaran ski, dan skating untuk empat orang hanya dikenakan biaya sekitar € 2.100 per minggu. Menurut TheMoveChannel.com, jumlah permintaan properti di Pantai Sunny telah menurun jika dibandingkan dengan tahun 2012, sedangkan untuk real estate di Bansko, Pamporovo, dan Borovets justru meningkat. Resor ski di Bulgaria sepertinya memang sangat diminati.

Musim Panas Singkat

Perlu kita ingat dan pahami bahwa Bulgaria bukanlah Spanyol. Murahnya apartemen tepi laut di Bulgaria yang merupakan area paling diminati, bertolak belakang dengan musim panas yang tergolong singkat. Contohnya, apartemen kecil untuk tempat tinggal sendiri rata-rata hanya digunakan tak lebih dari 3-4 bulan dalam setahun, dan ditinggalkan setelahnya karena kedinginan. Orang Bulgaria biasa beraktivitas di pantai paling awal pada bulan Mei hingga Agustus. Jadi, kalau kamu membutuhkan musim panas Eropa yang panjang, datanglah ke Siprus, Spanyol, atau Turki.