Jenis Penipuan Paling Umum Di Dunia Properti Bulgaria

Penipuan properti adalah masalah yang sering terjadi, yang sebenarnya bisa dicegah dan dihindari.

Saran kami, jika kamu ingin menjual atau membeli properti, lebih baik hubungi ahlinya. Agen properti memiliki peran penting dari keseluruhan proses karena mereka bekerja dengan pialang dan pengacara terlatih yang membuatnya aman dari penipuan.

Tapi kalau kamu memutuskan untuk membeli properti sendiri, sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis-jenis penipuan yang paling umum terjadi di dunia property Bulgaria.

Menjual Properti Yang Disewakan

Para penipu ini sangatlah kreatif. Mereka menyewa properti, membayar untuk jangka waktu tertentu dan kemudian menjualnya, memalsukan semua dokumen seperti akta kepemilikan, kontrak pembelian, dll.

Penipu kemudian akan memperkenalkan dirinya sebagai pemilik properti dengan kartu identitas palsu. Pemilik sebenarnya dari properti itu sama sekali tidak tahu apa yang terjadi. Itulah mengapa sangat penting untuk berkonsultasi dengan seorang profesional, meskipun kita harus mengeluarkan biaya tambahan, biayanya tak seberapa jika dibandingkan dengan resiko yang dihadapi.

Dokumen palsu

Seperti yang kita bahas sebelumnya, entah bagaimana caranya para penipu ini berhasil menemukan cara untuk memalsukan dokumen.

Dalam kebanyakan kasus di Bulgaria, setelah seseorang meninggal dan tidak memiliki ahli waris, lalu tiba-tiba seorang akan muncul entah dari mana dan mengaku sebagai ahli waris dan mencoba menjual properti dengan harga yang lebih rendah.

Persyaratan untuk membayar tunai

Membayar tunai masih merupakan pilihan di Bulgaria jika tidak melebihi lv 5000. Tapi sebaiknya kamu melakukan pembayaran lewat transfer, karena beberapa perlindungan saat mentransfer uang ke rekening bank karena bank menyimpan catatan untuk transaksi. Meski begitu, hal itu tidak sepenuhnya aman.

Bahkan menandatangani kontrak bisa menjadi masalah untukmu. Berhati-hatilah, karena sedikit saja kesalahan dalam kontrak, dapat menghabiskan banyak biaya. Bacalah kontrak dengan teliti sebelum kamu menandatanganinya.

Harga yang lebih rendah dalam akta kepemilikan

Jika kamu melihat harga yang lebih rendah dalam akta kepemilikan, itu berarti penjual berusaha menghindari biaya. Pembeli pastinya akan tergoda dengan tawaran ini. Tapi berhati-hatilah karena jika kamu ingin menjual kembali properti segera setelah dibeli, kamu akan berhutang pajak capital gain.

Penjual berjanji akan melakukan perbaikan

Dalam hal ini, penjual berjanji kepada pembeli bahwa dia akan memperbaiki semua kerusakan yang ada setelah kesepakatan dibuat. Tetapi jika hal ini tidak tertulis dalam kontrak, seringkali penjual mengklaim semua uang dan membiarkan pembeli melakukan perbaikan sendiri.

Selalu perhatikan dan pastikan bahwa semua klausul tertulis dalam kontrak sehingga kamu tidak perlu membayar biaya perbaikan setelah membeli properti.

Percayai para profesional

Jangan mempercayai properti yang dipublikasikan di media sosial atau situs web non-perantara karena para penipu akan memangsamu di sana.

Berhati-hatilah dengan penyimpangan dalam proses pembelian properti dan lebih baik percayakan kepada para profesional dan agen yang sudah terbukti sehingga risiko ditipu bisa dihilangkan.